Bagaimana Cara Deteksi COVID-19 Secara In Situ? RNAscope® In Situ Hybridization Jawabannya

Posted by: Admin May 6, 2020 No Comments

Virus COVID-19 telah menjadi pandemi di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi dampak yang disebabkan oleh menyebarnya virus covid-19 di Indonesia.

Salah satunya dengan mengembangkan metode deteksi terhadap virus COVID-19. Saat ini, metode deteksi yang digunakan terhadap COVID-19 adalah metode deteksi molekular menggunakan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) menggunakan sampel darah pasien terduga COVID-19.

Namun,perkembangan teknologi sekarang memungkinkan kita mendeteksi virus ini bukan hanya di daerah namun juga di dalam jaringan atau bahkan sel paru-paru dan organ lain yang diduga terinfeksi virus COVID-19.

Metode deteksi ini dikenal dengan deteksi secara In Situ. Pengembangan metode deteksi secara In Situ dapat menggunakan teknologi RNAscope® In Situ Hybridization.

Teknologi RNAscope® adalah teknik RNA in situ hibridisasi generasi terbaru yang dikembangkan oleh ACD, salah satu brand dari Bio-Techne. Teknologi ini diklaim sangat spesifik karena menggunakan “double Z” probe yang didesain spesifik terhadap target (contohnya: virus COVID-19 (SARS-CoV-2) atau target gen atau RNA/DNA spesifik yang sedang diteliti). Amplifikasi sinyal secara in situ yang inovatif memungkinkan kita melihat kontrasnya warna target kita dengan warna background dari sampel jaringan atau sel.

Proses pengerjaan RNAscope® In Situ Hybridization berbeda dengan pengerjaan FISH/CISH pada umumnya. Kemasan reagent dan probe berupa botol tetes mempermudah dalam proses pengerjaan.

RNAscope® juga telah melengkapi kita dengan protokol yang telah dioptimasi untuk semua jenis sampel yang memungkinkan peneliti menghemat waktu pengerjaan.  ACD telah mengembangkan spesifik probe terhadap sekuens dari virus COVID-19 (SARS-CoV-2) yang dapat langsung digunakan untuk penelitian terkait COVID-19 dan penelitian berbasis in situ terhadap virus COVID-19.

Tentunya teknologi RNAscope® In Situ Hybridization ini diharapkan dapat membantu para peneliti mengembangkan riset terkait COVID-19 ataupun diluar COVID-19. Jadi, bagaimana cara deteksi COVID-19 secara In Situ? RNAscope® In Situ Hybridization jawabannya.

Hubungi kami : https://elokarsa.com/contact-us/

Author: Admin